7 Tips Pemasangan Batu alam dan Kerikil Alam

Siapa yang tidak suka rumahnya dipercantik dengan batu alam. Rumah yang dipasang batu alam memiliki kesan mewah dan naturalis. Tidak hanya mempercantik setiap detil rumah, batu alam juga sudah menjadi tren yang dipakai oleh masyarakat untuk mendekor rumah yang tahan bertahun tahun dengan perawatan murah.

Material batu alam yang memiliki tekstur yang unik bisa membuat pemandangan menjadi lebih indah.Biasanya orang memakai krikil alam adalah agar tampilan lebih hidup tidak monoton atau masif. 

Batu Alam,Harga Batu Alam ,Pasang Batu Alam Merawat Batu Alam Dan Tips Tentang Batu Alam

Walaupun terlihat sederhana dan mudah, ternyata kerikil alam memiliki dua jenis. Kerikil alam yang cocok untuk bagian luar, dan kerikil alam yang cocok untuk bagian dalam. Kerikil alam ini harus dipahami dengan benar. Karena salah aplikasi kerikil alam akan membuat fungsi dari kerikil alam ini kurang ciamik.

Kerikil alam untuk interior biasanya memakai kerikil alam yang tidak mudah berlumut atau tidak berlumut. Dan sebaiknya memiliki tekstur yang kuat. Dan biasanya ada juga material batu alam yang hanya cocok di dalam ruangan tetapi ketika diletakkan di luar ruangan akan mudah lapuk atau kurang tahan lama.

Pemasangan kerikil dan batu alam tidak harus mengikuti suatu yang sama, karena memang terdapat perbedaan fisik dan tekstur kerikil alam. Justru inilah yang membuat batu alam menjadi lebih menarik. Karena unik dan tidak mungkin ada yang sama persis untuk setiap desain.

Keindahan pesangan batu alam ini bisa dibilang ditentukan oleh kreativitas arsiteknya. Misalnya pengaplikasian kerikil alam dengan disusun sederhana tanpa ukiran atau ada yang kombinasi tabrakan antar pola yang menciptakan keharmonisan yang indah.

CARA PEMASANGAN BATU ALAM

Batu alam atau kerikil alam ini mudah dipasang, tidak banyak perbedaan dengan pemasangan keramik. Nah untuk itu berikut diberikan tipsnya saja untuk pemasangan kerikil alam.

Pemasangan kerikil alam ini dari bawah ke atas.
Pemasangan kerikil alam ini biasanya dimulai dari bawah naik ke atas. Sedangkan kalau keramik biasanya dari atas ke bawah. Alasannya simpel saja yaitu berat batu alam lebih dibandingkan keramik. Hal ini untuk mempermudah pemasangan dan pemasangan akan lebih mantap.

Sebaiknya direndam dulu sebelum dipasang.
Batu alam memiliki pori pori yang besar. Jadinya sebelum dipasang sebaiknya direndam terlebih dahulu agar tidak banyak ruang dan menyatu dengan baik pada semen. Kalau tidak direndam maka akan sulit dipasang juga mudah lepas.


Pemasangan pada dinding sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu
Kerikil alam berbeda dengan keramik, memiliki berat yang lebih membutuhkan permukaan dinding yang sudah keras dan jika sudah diaci, sebaiknya teksturnya harus dibuat tidak rata terlebih dahulu. Hal ini agar kerikil alam tidak mudah lepas. Misalnya dengan memukul agar membuat permukaan acian tidak rata. Sehingga lebih mudah menempel.

Gunakan lem khusus dan pasir ayak
Memakai lem semen khusus atau semen instan juga bagus untuk membuat batu alam lebih kuat menempel. Bahkan jika semen membutuhkan pasir jangan lupa ayak terlebih dahulu pasir yang akan dipakai.

Pakai Jasa Tukang Professional Khusus Batu alam
Batu alam tidaklah sama dengan keramik, batu alam tidak memiliki ukuran yang sama persis. Juga tidak memiliki presisi yang tepat bisa terjadi selisih yang cukup besar mulai dari 5mm sampai 1cm. Tentunya perkiraan ini membuat banyak lubang jika tidak dikerjakan oleh tukang yang professional.

Langsung bersihkan semen yang menempel
Langsung membersihkan semen setelah pengerjaan sangat penting agar bekas semen atau adukan bisa dibersihkan sempurna. Pengerjaannya juga harus bertahap. Sebaiknya selesaikan tahap demi taham dengan kerapian yang tidak perlu diulang untuk tahap berikutnya. Sehingga tidak melakukan 2 pekerjaan sia sia. Seperti pepatah sekali dayung dua pulau terlampaui.

Lapisi dengan pernis
Setelah pemasangan dan rapi lanjutkan dengan lapisan batu alam memakai cairan coating/pernis. Nah dengan cairan khusus ini nanti batu alam akan lebih awet dan tahan lama dari lumut dan cuacana panas ekstrim. Selain itu bisa membuat tampilan lebih mantap.

Sekian dulu postingan tentang batu alam semoga bermanfaat.

Comments