Tips Membuat Hunian Ramah Anak dengan Biaya Murah

Rumah seharusnya adalah tempat paling aman, menyenangkan tenang untuk relaksasi bersama keluarga. Rumah bisa menjadi alasan untuk selalu bersama dengan keluarga dan orang tercinta terutama anak anak. Tapi buat kamu yang masih memiliki anak kecil ada baiknya waspada terhadap benda yang ada di sekitar. Apa yang menurut kita biasa saja tetapi bagi anak bisa menimbulkan kesalahan fatal.

Bagi anak semua yang ada di pandangan mereka adalah menarik. Mereka tidak bisa berpikir adanya resiko yang mungkin timbul ketika mereka melakukan suatu maka akan terjadi sesuatu misalnya. Mereka tidak akan berpikir setrum itu berbahaya. Atau berpikir ujung meja yang runcing juga berbahaya. Mereka hanya berlari lari dan berbagi kebahagiaan di tengah keluarga anda. Mengisi kekosongan dalam ruang hati anda agar selalu terhibur dengan canda tawa mereka.

Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa hal yang harus diwaspadai agar rumah menjadi tempat yang ramah anak.

Tangga 
Tidak hanya untuk anak, tangga bisa jadi menjadi tempat yang sangat berbahaya. Apalagi kalau sampai jatuh, atau tergelincir saja misalnya. Maka dibutuhkan tempat untuk berpegangan saat naik atau turun tangga. Baik di sisi kiri maupun kanan.
Tips Membuat Hunian Ramah Anak dengan Biaya Murah
Apalagi seringkali anak akan senantiasa bahkan senang sekali menghabiskan energi mereka hanya sekedar naik turun tangga puluhan kali. Tentunya akan sangat melelahkan jika harus diikuti oleh orang tua bukan? Maka sebagai langkah pencegahan buatlah tangga yang ramah anak.

Sebagai contoh untuk anak kecil atau balita buatlah undakan sedang saja tidak terlalu curam apalagi tinggi. Dengan ukuran di bawah 18 cm agar anak lebih mudah saat melangkah. Pastikan memilih railing yang aman untuk anak, misalkan dengan sekat vertikal yang rapat untuk menghindari anak jatuh.

Stop Kontak
Menghindari stop kontak agar langkah yang bisa dicoba misalkan dengan meninggikan posisinya atau menyembunyikannya dari pandangan anak. Cobalah untuk menyembunyikan stop kontak misalnya di belakang lemari agar tidak mencolok pandangan anak.
Tips Membuat Hunian Ramah Anak dengan Biaya Murah
Walaupun sedikit kemungkinan tersetrum ketika memegang stop kontak, tetapi alangkah baiknya menyembunyikannya. Karena yang berbahaya dari stop kontak adalah colokan yang ketika dipegang bisa kesetrum. Selain stop kontak juga jaga dari kabel yang luka atau lecet.

Dapur
Perhatikan penataan benda di dapur. Dapur adalah salah satu tempat yang bisa saja berbahaya untuk anak kecil karena di sana terdapat pisau. Kompor atau apa yang bisa menyebabkan bahaya. Mulai dari air panas piring yang bisa dengan mudah pecah.
Tips Membuat Hunian Ramah Anak dengan Biaya Murah
Awasi anak dari naik meja dan jangan pernah membiasakan atau memperbolehkan anak naik ke meja menggunakan kursi.

Kamar Mandi
Area yang sangat riskan selanjutnya adalah kamar mandi. Tempat untuk menyegarkan badan ini bisa saja licin. Atau air yang tingginya hanya 2 m saja bisa menenggelamkan jika tidak diawasi dengan benar.
Tips Membuat Hunian Ramah Anak dengan Biaya Murah
Letakkan keset anti slip untuk menghindari anak terpleset. Alat kosmetik dan alat mandi dewasa dipisahkan agar tidak mudah dijangkau anak kecil.

Furnitur
Lari lari dan lari adalah ciri anak anak yang sedang masa ingin menikmati indahnya masa kecil. Berlari-lari sambil tertawa juga membuat kita senang melihatnya. Tetapi perlu diwaspadai, furnitur juga perlu diperhatikan. Sebaiknya memiliki furnitur dengan sudut tumpul.

Pagar
Membuat pagar yang tinggi mencegah anak tidak keluar rumah. Tetapi perlu diperhatikan jangan menggunakan pagar yang memiliki ujung yang runcing karena bisa membahayakan keselamatan anak kecil. Tidak hanya furnitur, sebaiknya pagar juga tidak memiliki sudut tajam.

Garasi
Mungkin kamu senang otak atik motor atau mobil kamu atau hanya sekedar menyimpan alat alat. Misalkan obeng dan lain sebagainya bisa saja menjadi alat yang berbahaya untuk anak kecil.
Tidak ada salahnya menyimpan di tempat yang rapi agar tidak dengan mudah diambil oleh anak kecil. 

Comments