Estimasi Biaya Renovasi Kamar mandi di Bawah 10 Juta

Kata orang Jawa, rumah itu yang dilihat ruang tamu dan kamar mandinya. Jadi kalau orang yang memiliki darah Jawa biasanya akan tertarik ketika membahas kamar mandi ataupun ruang tamu. Menurut filosofi ini berarti orang Jawa sangat memperhatikan penampilan depan juga kebersihan di kamar mandi. 


Model model kamar mandi minimalis banyak bertebaran di internet. Dan juga mungkin terbayang oleh kamu model kamar mandi minimalis tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.
Berikut ini beberapa otak atik rancangan biaya untuk membuat sebuah kamar mandi cantik.
Estimasi Biaya Renovasi Kamar mandi di Bawah 10 Juta
Dengan biaya tidak lebih dari 10 juta sudah bisa merasakan sensasi kamar mandi yang lebih segar dan nyaman. Walaupun nyaman jangan sampai tidur di kamar mandi ya.

Sebelum itu kamu juga harus memperhatikan berbagai aspek dan kebijakan dalam pembuatan kamar mandi minimalis.

Menurut salah seorang arsitek, Galih Prakoso yang bekerja sebagai Junior Arsitek di bali. Yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah ukuran kamar mandi yang ingin dibuat. Setelah itu barulah kamu pikirkan bahan yang ingin digunakan untuk mempercantiknya. Karena sudah dipastikan dua hal tersebut adalah pokok yang menjadi acuan besar kecilnya suatu dana yang bakal dikeluarkan.

Perhatikan dua aspek penting berikut ini.
Luas kamar mandi dapat menentukan jumlah bahan yang dibutuhkan, misalnya keramik untuk menutup dinding dan lantai. Karena untuk kamar mandi pasti membutuhkan keramik untuk dinding agar tidak mudah rusak ketika terkena air.

Selain luas, desain kamar mandi juga menyumbangkan peran terutama adalah aksesoris yang akan dipakai dalam kamar mandi tersebut. Misalnya wastafel, perabot kamar mandi serta berbagai perlengkapan lain seperti bak mandi, shower, keran sampai pintu yang nantinya akan dipakai.

Nah seringnya, dalam pembuatan bangunan anggaran yang dipakai akan membengkak ketika terjadi ketidakcocokan antara desain dan ekspektasi. Perlu kamu pertahikan. ada hal yang penting dan diutamakan terlebih dahulu sebelum melengkapinya misalnya.

Pemasangan keramik untuk kamar mandi dijadikan prioritas utama sebelum aksesoris lainnya. Kenapa? Menurut Ayu Chandra Dewi, salah seorang desain interior, biaya renovasi keramik baru adalah biaya yang paling mahal. Dan juga paling rumit untuk kamar mandi.

Pengerjaan keramik ini bisa memakan waktu kurang lebih 3-5 hari untuk dua orang tukang dengan target pembongkaran. Sedangkan untuk pemasangan sendiri bisa selesai dalam waktu 2-4 hari. Sedangkan untuk instalasi air juga bisa memakan waktu seharian kalau tidak merubah banyak saluran pipa.

Jangan sepelekan biaya tukang.
Biaya tukang antara  Rp 120.000-Rp 240.000 per hari, sedangkan asisten tukang Rp 80.000-Rp160.000 per hari. Dan untuk keramiknya bisa dipilih sesuai selera. Dengan asumsi setiap dus keramik berisi 1m2.  Ketika membeli keramik pastikan ada cadangan sekitar 10% untuk jaga jaga kalau ada keramik yang rusak. Selain itu masih ada kebutuhan untuk cat dan semen.

Sedangkan untuk interiornya bisa memilih memakai bathtub atau cukup shower saja. Kalau ukuran kamar yang ingin dibuat adalah 2m x 2m maka letak wastafel harus disesuaikan agar tidak menggangu karena keterbatan ruang. Dibuat agar tetap cantik dan menarik. Sesuai dengan fungsinya.

Berikut ini adalah contoh rencana biaya kamar mandi dengan dana kurang dari 10 juta. Asumsi kamar mandi yang dimaksud adalah 2 m x 2 m x 3 m.
Estimasi Biaya Renovasi Kamar mandi di Bawah 10 Juta
Tentunya rancangan tersebut masih dalam bentuk kasar karena bisa saja terjadi hal yang tidak terduga ketika terjadi di lapangan. Tetapi estimasinya tidak melenceng terlalu jauh jika anda ketat mengawasinya.

Sedangkan untuk pengaplikasiannya untuk ekterior maupun interiornya bisa disesuaikan dengan kantong.

Nah, bagaimana tertarik melakukan renovasi untuk kamar mandi anda. Silahkan pilih pilih model kamar mandi yang ada di website kecil ini. 

Comments