Tips Membangun Rumah Sederhana Nyaman Terjangkau

Hunian tidak harus mewah agar bisa ditinggali dengan nyaman. Dengan hunian sederhana dan terjangkau asal memiliki desain dan dirawat dengan baik, rumah sederhana pun tidak kalah elegan dengan rumah mewah. Karena hakikatnya rumah untuk tempat tinggal adalah tempat yang kita tempati. Tempat untuk tidur juga bukan melihat luasnya ruangan tetapi sepadan dengan lebar bahu kita itulah yang sebenarnya disebut tempat tidur.

Tetapi kita bukan akan membahas masalah itu di sini. Kita akan membahas misalkan kita membutuhkan rumah yang cukup ditinggali oleh 5 orang saja misalnya, apakah kita harus membangun tempat tinggal super luas dan besar.

Memiliki rumah adalah cita-cita semua orang, tetapi bukan berarti harus memiliki rumah yang besar dan luas, tetapi malah melupakan rancangan arsitektural dan malah terkesan tidak tepat sasaran dan hanya membuang biaya saja.

Rumah bukanlah sesuatu yang murah. Apalagi banyak sekali penawaran tentang kemudahan fasilitas dalam suatu iklan. Dan tentunya tidak semua orang bisa menjangkau hal itu.

Ada hal yang perlu diluruskan soal desain rumah sederhana, misalkan ada anggapan bahwa rumah sederhana adalah rumah murah berbiaya rendah dengan kualitas seadanya. Anggapan seperti itu harus dikoreksi, kita harus maju ke arah bagaimana membuat kesan sederhana dalam bangunan dan arsitektural tetapi memiliki fungsi dan tampilan yang indah dan menarik.

Mungkin gambaran seperti itu terjadi karena adanya bantuan subsidi dari pemerintah. Memang pemerintah membuat program rumah sederhana agar semua penduduk akhirnya memiliki rumah atau hunian tempat tinggal. Atau ada juga developer yang mendesain rumah terlalu sederhana sehingga malah jadi minim peminat.
Tips Membangun Rumah Sederhana Nyaman Terjangkau
Berikut ini adalah tips merancang rumah idaman yang sederhana tetapi nyaman dan artistik.

Buatlah rumah yang kecil tetapi nyaman
Mungkin kita terbiasa melihat rumah yang ada di sekitar kita yang terlalu besar dan memiliki bangunan yang besar. Dan pada kenyataannya berapakah ruangan yang kamu butuhkan.

Daripada membangun yang besar, ada baiknya memanfaatkan situs jual beli barang bekas seperti olx.co.id dari pada menyimpan barang yang tidak terpakai dan rusak di dalam rumah. Karena seharusnya untuk 5 orang anggota keluarga cukup dengan 200 m persegi sudah cukup untuk membangun rumah yang nyaman.

Hindari kerumitan

Hindari membuat sesuatu yang rumit untuk rumah kamu. Kamu harus tahu dengan jelas apa tujuan pembuatan kerumitan itu hanyalah untuk dipuji oleh tetangga. Rubahlah anggapan itu dan bangunlah rumah dengan bentuk kotak. Karena kotak adalah bentuk paling sederhana dan paling terjangkau untuk dibangun.
Tips Membangun Rumah Sederhana Nyaman Terjangkau
Lantai dengan banyak sudut atau zigzag juga perlu dihindari. Buatlah rancangan agar lebih terkesan simple dan sederhana. Dan perhitungan utama dari itu semua adalah biaya.
Tips Membangun Rumah Sederhana Nyaman Terjangkau
Bukan berarti rancangan interior asal asalan. Setiap bagian harus memiliki nilai dan tujuan yang jelas. Walaupun dengan biaya yang hemat, tetapi tujuan dan fungsinya jelas maka akan memiliki kesan lebih irit.

Konsep Lantai terbuka
Tips Membangun Rumah Sederhana Nyaman Terjangkau
Yang dimaksud konsep lantai terbuka adalah setiap bagian rumah saling terhubung dengan yang lain. Hal ini bisa menimbulkan kesan luas tetapi juga memiliki banyak fungsi. Triknya adalah pada dinding dengan sentuhan minimalis. Juga perlu dijaga hubungan visual antar ruangan yang menghubungkan satu sama lain. 

Comments