Gedung Antik Instagramable Di Medan Yang Buat Jatuh Hati

Jakarta - Kota Medan sudah terkenal dengan Danau Toba. Danau yang memiliki kedalaman super misterius ini ternyata kaya akan bangunan bersejarah. Medan sebagai salah satu kota yang tua di Indonesia tentunya layak masuk nominasi tempat paling banyak spot wisata gedung gedung yang instagramable.

1. Gedung London Sumatera (Lonsum)
Deretan Gedung Instagramable di Medan yang Buat Jatuh Hati
Menjadi ikon kota Medan, bangunan ini adalah peninggalan Belanda. Terletak di Jalan Ahmad Yani, bangunan tua ini berada tepat di samping Lapangan Merdeka. Fungsinya sekarang gedung ini adalah tempat perkantoran.

Gedung antik ini dibangun oleh perusahaan Inggris, Harrison & Crosfield (H&C) didesain untuk bangunan kantor perdagangan dan perkebunan.

Pantas disebut gedung antik karena bangunan ini dibangun tahun 1906. Gedung ini sangat indah dengan ornamen khas Eropa klasik.  Desain arsitektur Eropa ini juga masih sangat kental masuk pada jendela dan tiang tiangnya.
Gedung Antik Instagramable Di Medan Yang Buat Jatuh Hati
Tak heran gedung ini sering dijadikan swafoto untuk banyak orang. Dan uniknya gedung ini sering dijadikan foto preweding untuk remaja yang akan menikah di kota Medan, maupun dari luar daerah.

2. Gedung Bank Indonesia

Deretan Gedung Instagramable di Medan yang Buat Jatuh Hati
Gedung Bank Indonesia (Foto: detikTravel)
Ternyata gedung yang memiliki arsitektur kuno di Kota Medan tidak hanya Lonsum. Memiliki arsitektur kuno gedung Bank Indonesia juga memiliki tiang tiang dan jendela yang besar.

Walaupun lebih muda dari Lonsum  gedung ini juga terbilang tua karena dibangun pada 27 Agustus 1927. Dulunya gedung ini adalah kantor Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij (NIEM) kemudian sekarang menjadi properti bank Indonesia.


3. Merci Barn
Deretan Gedung Instagramable di Medan yang Buat Jatuh Hati
Merci Barn (Foto: Istimewa)
Tidak perlu ke Belanda untuk melihat rumah khas Belanda. Ternyata di Kota Medan ada sebuah rumah yang menarik yaitu Merci Barn. Terletak di Jalan Karya Jaya, Titik Kuning, Medan.

Walaupun bernama Merci Barn ternyata bangunan ini adalah bangunan perkantoran. Bangunan ini tidak termasuk sebagai gedung kuno, tetapi dijadikan sebagai Kantor Pemasaran dari Medan Resort City dan didirikan baru mulai tahun 2015.

Tentunya banyak anak muda yang mencari spot foto di tempat ini. Walaupun pengelola tidak memberikan izin untuk berfoto di sini. Tetapi anak muda gitu looh. Mereka akan mencuri momen yang pas untuk mengambil gambar.


Comments